Manfaat Belajar Filsafat Ilmu Bagi Teknik Informatika

Manfaat Belajar Filsafat Ilmu Bagi Teknik Informatika Demikianlah topik yang akan Saya angkat. Menurut saya cukup menarik sekali topik ini,...

Manfaat Belajar Filsafat Ilmu Bagi Teknik Informatika
Demikianlah topik yang akan Saya angkat. Menurut saya cukup menarik sekali topik ini, mengingat prodi saya adalah Teknik Informatika. Dengan demikian pembahasan kita akan meliputi filsafat itu sendiri kemudian ilmu atau sains baru masuk ke ranah teknik atau teknologi.

Berikut saya sampaikan pemikiran saya tentang kaitan filsafat, khususnya fisafat ilmu terhadap perkembangan studi teknik informatika saya.
1. Filsafat Ilmu mengkaji Teknik Informatika
Filsafat ilmu menjadikan ilmu sebagai objek kajiannya, sementara teknik informatika merupakan salah satu objek kajian ilmu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan mempelajari filsafat ilmu berarti saya secara tidak langsung juga mempelajari Teknik Informatika itu sendiri.
2. Tahu Sejarah atau asal mula munculnya Teknik Informatika
Menurut saya, teknologi bermula dari sebuah pemikiran filsafat untuk mempermudah kegiatan manusia dalam kesehariannya. Kemudian dilakukan penelitian-penelitian untuk mencapai tujuan tersebut. Dan dari penelitian-penelitian tersebut lahirlah ilmu-ilmu, dan salah satu ilmu itu adalah ilmu yang mengkhususkan diri untuk mempelajari dunia informasi yaitu Teknik Informatika.
3. Mendorong saya untuk berkembang
Dengan mempelajari filsafat, akan membuka pikiran saya untuk memahami jalan pikiran seorang filsuf. Seorang filsuf akan terus bertanya dan berusaha untuk menemukan solusi dari pertanyaan tersebut. Setelah satu masalah selesai maka akan muncul lagi masalah baru. Demikian seterusnya sampai-sampai kita tidak menyadari sudah berapa banyak masalah yang sudah kita pecahkan.
Saya memiliki satu contoh dari pengalaman saya pribadi yaitu pada saat membuat sebuah program. Saat membuat program maka logikalah yang memegang peranan penting. Sementara logika sendiri sangat erat kaitannya dengan konsep filsafat. Konsep yang dipakai adalah 5W+1H. Saat program yang saya buat mengalami error, muncul pertanyaan-pertanyaan apa, kapan, dimana, siapa, mengapa dan bagaimana. Pada fase "bagaimana" itulah yang menuntut saya untuk menemukan solusi dapi permasalahan tersebut. Solusi dari permasalahan tersebut kadang saya peroleh waktu itu juga, namun tidak jarang permasalahan tersebut harus melalui proses yang cukup panjang untuk menemukan solusinya. Dalam pembuatan sebuah program akan muncul banyak sekali masalah yang menuntut suatu penyelesaian. Sehingga dalam hal ini saya berkembang dengan memecahkan masalah-masalah yang muncul saat membuat program tersebut.
Mungkin demikian manfaat-manfaat yang saya peroleh dari mempelajari Filsafat Ilmu bagi Program Studi Teknik Informatika. Tidak menutup kemungkinan bagi saya untuk menggali dan menemukan lagi manfaat-manfaat yang lain.

COMMENTS

BLOGGER
Name

advice akhwat artikel bidadariku blogging cerpen dakwah desain diary download Ebook filsafat FKIST FLP gallery harisang ikhwan karya kegiatan Latar Belakang lirik manca mobile motivation nasyid organisasi prihatin Proposal Skripsi reviews sahabat sains sejarah SEO SEO Friendly SMA IT ABY Tips tokoh Training Dasar Falak Trik Tutorial Tutorial 2013 Pemula Website whatsapp
false
ltr
item
Akheed: Manfaat Belajar Filsafat Ilmu Bagi Teknik Informatika
Manfaat Belajar Filsafat Ilmu Bagi Teknik Informatika
Akheed
http://akheed.blogspot.com/2010/10/manfaat-belajar-filsafat-ilmu-bagi.html
http://akheed.blogspot.com/
http://akheed.blogspot.com/
http://akheed.blogspot.com/2010/10/manfaat-belajar-filsafat-ilmu-bagi.html
true
5893552427360672134
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy