Interkoneksi Antarjaringan

Interkoneksi antarjaringan menyatakan hubungan antara dua buah jaringan atau lebih. Untuk melakukan interkoneksi antarjaringan diperlukan pe...

Interkoneksi antarjaringan menyatakan hubungan antara dua buah jaringan atau lebih. Untuk melakukan interkoneksi antarjaringan diperlukan peranti-peranti khusus.

Repeater
Repeater adalah peranti yang berfungsi untuk memulihkan isyarat yang agak cacat. Biasa digunakan pada jaringan bertopologi bus atau cincin untuk memperpanjang jangkauan jaringan.

Bridge
Bridge diperlukan untuk menghubungkan dua buah LAN yang bertopologi berbeda (misalnya bus dan cincin). Kelebihan peranti ini adalah menjadikan lalu lintas lokal masing-masing jaringan tidak saling terpengaruh. Berbeda dengan repeater, bridge dapat memisahkan antarjaringan sekiranya memang tidak ada permintaan hubungan dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

Router
Router merupakan peranti yang memungkinkan kita untuk:
* Menghubungkan sejumlah LAN yang memiliki topologi dan protokol yang berbeda.
* Menghubungkan jaringan pada suatu lokasi dengan jaringan pada lokasi lain.
* Membagi suatu jaringan berukuran besar menjadi jaringan-jaringan yang lebih kecil dan mudah dikelola.
Memungkinkan jaringan perusahaan dihubungkan ke Internet dan informasi yang tersedia dapat diakses oleh siapa saja di luar perusahaan.
* Mencari jalan terefisien untuk mengirimkan data ke tujuan.
* Melindungi jaringan kita dari pemakai-pemakai yang tak berhak dengan cara membatasi akses terhadap data kita.

Gateway
Peranti ini berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki protokol yang sama sekali berbeda. Contoh penggunaan gateway adalah untuk menghubungkan jaringan SNA (IBM) dan jaringan yang menggunakan sistem operasi jaringan NetWare (Novell).

Brouter
Brouter adalah peranti yang dapat bertindak sebagai router maupun bridge.

Tahukah Sobat?
Cisco System, Inc. (www.cisco.com) merupakan salah satu perusahaan yang sangat terkenal dalam penyediaan peralatan-peralatan jaringan, seperti hub, switch, router dan bridge. Banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan produk dari perusahaan ini. Perusahaan-perusahaan lain yang terkenal sebagai produsen peranti jaringan antara lain AT&T dan Black Box.

COMMENTS

BLOGGER
Name

advice akhwat artikel bidadariku blogging cerpen dakwah desain diary download Ebook filsafat FKIST FLP gallery harisang ikhwan karya kegiatan Latar Belakang lirik manca mobile motivation nasyid organisasi prihatin Proposal Skripsi reviews sahabat sains sejarah SEO SEO Friendly SMA IT ABY Tips tokoh Training Dasar Falak Trik Tutorial Tutorial 2013 Pemula Website whatsapp
false
ltr
item
Akheed: Interkoneksi Antarjaringan
Interkoneksi Antarjaringan
Akheed
http://akheed.blogspot.com/2010/07/interkoneksi-antarjaringan.html
http://akheed.blogspot.com/
http://akheed.blogspot.com/
http://akheed.blogspot.com/2010/07/interkoneksi-antarjaringan.html
true
5893552427360672134
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy